Yahoo finance API is not available right now, please try again soon...

WORKSHOP MANAJEMEN RISIKO KREDIT



Workshop ini telah dilaksanakan di Hotel Santika Premiere, Slipi Jakarta
Pada tanggal 7-8 Maret 2016

Pesertanya berasal dari:
1. Bank Mayapada
2. Bank Banten dan Jawa Barat
3. BPRS Harta Insan Karimah (HIK)

Latar Belakang

Perlambatan pertumbuhan ekonomi telah terjadi sejak tahun lalu dan terus berlanjut sampai kini, bahkan diprediksi akan berlangsung lebih lama dibandingkan “krisis” 1998 dan 2008. Dipicu oleh pelemahan nilai tukar rupiah terhadap USD, hampir seluruh industri yang memiliki kandungan material impor mengalami keterpurukan. Dampak lanjutnya tingkat pengangguran meningkat akibat angkatan kerja tak terserap dunia kerja dan sementara para pekerja kehilangan pekerjaannya akibat Perusahaan yang gulung tikar. Secara agregat terjadi penurunan daya beli masyarakat yang menyebabkan sektor UKM juga mengalami kemandegan bahkan juga kebangkrutan.

Kondisi semacam ini jelas mengancam tingkat pengembalian pinjaman oleh debitur kepada krediturnya. Di awal semester kedua tahun 2015 lalu tingkat rata-rata NPL perbankan di sektor mikro sudah melaju melebih angka 5%. Lampu merah bagi kinerja perbankan kita, jika akhir tahun tidak mampu memperbaikinya. Tidak hanya perbankan namun juga terjadi di lingkungan Koperasi simpan Pinjam (KSP/USP) di seluruh Indonesia.

Langkah-langkah strategis dan sistematis perlu dilakukan agar tidak terlambat dan makin memburuk. Organ lembaga yang berperan sangat penting dalam mencegah terjadinya kenaikan NPL adalah bagian “kredit” mulai dari staf kredit hingga manajernya. Pengetahuan dan ketrampilan tentang menangani kredit bermasalah menjadi sangat “URGENT”. Tanpa dilandasi pengetahuan dan ketrampilan yang baik, penanganan kredit bermasalah justru dapat mengakibatkan kondisi yang kontraproduktif.
Kesalahan dan kekeliruan penanganan kredit bermasalah tidak hanya berdampak jangka pendek tapi juga jangka panjang. Jangka pendek jika debitur gagal bayar akan langsung meningkatkan NPL dan jangka panjang berpotensi kehilangan debitur potensial akibat salah penanganan.

Adapun Outline Workshop meliputi:
1. Fundamental Credit Risk
2. Five C’s of Credit Analysis
3. Analisa Rekening
4. Financial statement Analysis
5. Qualitative Analysis
6. Writing an Efective Credit report
7. Monitoring
8. Debt Management
9. Case Study

Berikut sebagaian dokumentasinya

Terima kasih atas partisipasi Anda

bersama

gabungan

hadiah

situasi training

tiem BJB

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.