Yahoo finance API is not available right now, please try again soon...

WORKSHOP CREDIT RATING & SCORING



WORKSHOP CREDIT RATING & SCORING
Hotel Horison Ultima, Yogyakarta 9-10 Mei 2016
Workshop ini diikuti oleh 5 orang peserta dari pejabat di bidang Risk Management Bank Rakyat Indonesia (BRI.
CREDIT RISK – RATING & SCORING
 
Financial Credit Management adalah tindakan penciptaan nilai ekonomis pada perusahaandengan cara mengelola resiko yang dihadapi, terutama Credit Risk dan Market Risk.Untuk melaksanakannya, dibutuhkan pengenalan terhadap sumber resiko, mengukurnya, dankemudian menanganinya. RISK MODELING, adalah suatu cara menangani risiko dengan menggunakan teknikteknik umum ilmu ekonometri, untuk menentukan resiko agregat pada suatu portfolio keuangan. Risk Modeling adalah bagian yang termasuk dalam lingkuptugastugas Financial Modeling.
 
Risk Modeling memanfaatkan berbagai teknik untuk menganalisa suatu portfolio danmembuat perkiraan kerugian mungkin terjadi atas beragam risiko kredit. Banyakperusahaan besar keuangan menggunakan Risk Modeling untuk membantu Manajer Portfoliodan Manajer Kredit dalam menilai jumlah cadangan kapital yang perlu dijaga, dan untuk membantu menentukan tingkat pembelian dan penjualan terhadap berbagai aset keuangan.
 
Para pemberi pinjaman, misalnya bank, pengelola kartu kredit, dan perusahaantelekomunikasi seluler,  menggunakan  CREDIT  SCORES  untuk  mengevaluasi  potensi risiko  dari  pemberian piutang dana atau produk kepada para konsumennya, danuntuk mengurangi kerugian yang terjadi karena kredit macet. Pemberi pinjaman menggunakan Credit Scores untuk menetapkan siapa   yang   berhak/qualified   untuk  mendapat   pinjaman,   berapa   bunganya,   serta   batas kreditnya. Penggunaan Credit Scoring/Identity Scoring sebelum persetujuan/pemberian akses kredit, adalahimplementasi sistem yang terjamin baik.
 
Penggunaan Credit Scoring tidak terbatas pada industri perbankan. Organisasiorganisasi lain, seperti perusahaan mobile phone, asuransi, instansi pemerintah, danperusahaan lainnya juga menggunakan teknik tersebut. Credit Scoring memiliki banyakpersamaan metode dengan Data Mining, yang juga menggunakan teknik serupa.
 
MATERI PROGRAM
 
·       Credit Risk Overview
·       Credit Scoring dan Business Intelligent
·       Manfaat credit scoring dan credit rating
·       Konsep penyusunan sistem credit scoring dan credit rating
·       Konsep pengujian/validasi/backtest sistem scoring dan credit rating
·       Monitoring sistem credit scoring dan credit rating
·       Penggunaan credit scoring dan credit rating dalam kerangka Basel 2
·       Analisa risiko duadimensi menggunakan sistem credit scoring dan creditrating
·       Tantangan-tantangan dalam penyusunan dan implementasi sistem credit scoring dan credit rating
Berikut sebagaian modulnya: Modul
Berikut sebagian dokumentasinya
belajar
foto peserta bersama narsum
serius

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.