training kredit sindikasi

Perbankan merupakan salah satu pemegang peranan yang sangat penting dalam kemajuan perekonomian di Indonesia, fungsi intermediasi Perbankan sangat di butuhkan untuk perkembangan suatu daerah. Pembiayaan Perbankan terhadap berbagai sektor industri, terutama yang berskala besar membutuhkan pengetahuan dan keahlian tersendiri.

Untuk itu, semakin hari semakin dirasakan sebagai suatu kebutuhan yang mutlak bagi pihak bank untuk memiliki keahlian spesialisasi dalam beberapa jenis pembiayaan yang advance, seperti pembiayaan sindikasi yang melibatkan lebih dari satu kreditur bank.

Sejak MP3EI (Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia) dicanangkan pada tahun 2010, pembangunan infrastruktur berkembang sangat cepat. Pembangunan infrastruktur yang terkosentrasi pada 5 koridor ekonomi cukup memberikan dorongan yang kuat dalam proses akselerasi di daerah. Total dana yang direncanakan akan menyerap sekitar Rp. 4000 triliun ini, tidaklah sedikit. Dalam empat tahun berjalan sudah mampu menyerap dana sekitar Rp. 200 triliun lebih. Dukungan dan partisipasi dunia perbankan sangat dibutuhkan dalam mensukseskan program ini, terutama bank Daerah yang memiliki ikatan emosional yang tinggi terhadap pembangunan di daerahnya. Semestinya tidak hanya menjadi penonton dalam proses pembangunan yang ada di daerahnya, namun seharusnya masuk menjadi salah satu pemain dan pelaku dalam pembiayaan infrastrukur di daerahnya ini.

Barangkali untuk masuk sendirian tidak mungkin, karena keterbatasan Legal Lending Limit dan Credit Risk yang harus dikelolanya. Cara yang paling tepat adalah masuk melalui Kredit Sindikasi, walaupun masih sebatas sebagai participant saja, minimal memberikan kontribusi dan dapat pelajaran berharga dalam proses kredit sindikasi ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, beberapa Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang telah melakukan sharing pengalaman dalam kegiatan Training 2 Days yang diselenggarakan di Hotel Puri Denpasar ini, telah mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga tentang Kredit Sindikasi.

Kegiatan training dilaksanakan pada tanggal 29-30 Mei 2013, di ruang Puri I, Hotel Puri Denpasar, yang diikuti oleh Manajer Kredit Bank Nagari, Bank Kalsel, dan Bank Mayora. Dan sebelumnya PT. Bank BJB, Tbk. Telah mengikuti acara training Kredit Sindikasi ini.

Materi Pembahasan :

  • Differences and practice on loan participation and loan syndication.
  • Debtors and creditors benefit.
  • Complete stages on syndication and their modification.
  • Financial structuring and pricings arrangement.
  • Information memorandum in detail.

 Workshop ini dirancang dengan tujuan:

  1. Memberikan pemahaman kepada peserta tentang pembiayaan multi bank;
  2. Mampu memahami manfaat-manfaat kredit sindikasi;
  3. Memahami berbagai pengertian, type dan variasi praktek loan participation and syndication;
  4. Mengetahui tahap-tahap proses sindikasi, dari inisiasi, mandat, info memo, arrangement, agent, management, dan lain-lain;
  5. Memiliki kemampuan penyusunan info memo dan proyek sindikasi.

Berikut ini beberapa dokumentasi terkait dengan kegiatan tersebut:

  1. Modul Training Kredit Sindikasi Chapter-4 (download here)
  2. Studi Kasus Kredit Sindikasi (download here)

IMG_2529

IMG_2527

IMG_2526

IMG_2524

Speak Your Mind

*