Yahoo finance API is not available right now, please try again soon...

Resensi Buku Keuangan Mikro Islam

Resensi Buku Keuangan Mikro IslamJUDUL BUKU : KEUANGAN MIKRO ISLAM
PENULIS    : DR. AHMAD SUBAGYO
PENERBIT : PINBUK PRESS, JAKARTA
TAHUN TERBIT : 2011

Keuangan mikro telah menjadi isu internasional, sebagai salah satu instrument pemberantas kemiskinan. Fakta ini muncul seiring dengan keberhasilan Muh. Yunus dalam meraih Penghargaan Nobel Perdamaian tahun 2006. Semenjak itu keuangan mikro diimplementasikan di berbagai belahan dunia. Dalam buku ini dibahas mengenai sejarah keuangan mikro Islam dan nilai-nilai yang ditanamkan dalam system tersebut.

Dimensi ruhiyah yang menjadi landasan gerak dalam keuangan mikro Islam meliputi , (1) Prinsip keadilan (justice), (2) Prinsip keterbukaan dan kejujuran (transparance & fairness), dan Prinsip kemitraan (partnership), sedangkan prinsip-prinsip keuangan mikro yang telah menjadi landasan terbaik praktek keuangan mikro modern antara lain : (1) Skala dan kedalaman jangkauan pembiayaan, (2) Keberlanjutan (sustainability), (3) Pemberdayaan (social intermediatory), (4) Komersial (financial intermediatory).

Buku ini yang merupakan hasil penelitian disertasi membuktikan bahwa keuangan mikro Islam yang dioperasionalisasikan dengan menerapkan prinsip-prinsip kepatuhan melalui fitur-fitur pembiayaannya akan berpengaruh terhadap performance lembaga (institusi) yang menjalankannya.

Adapun prinsip-prinsip tersebut antara lain (1) sasaran pembiayaan, yaitu sasaran pembiayaan untuk orang miskin, memprioritaskan wanita sebagai sasaran utamanya, masyarakat produktif, dan tidak terakses pelayanan jasa keuangan lainnya, dan (2) kepatuhan kepada tujuan pembiayaan, yaitu memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan, mendorong kepada anggotanya untuk melakukan kegiatan silaturahim melalui pertemuan-pertemuan, menjadi media untuk membina para anggotanya, baik dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan (IMTAQ) maupun usahanya, Pembiayaan menjadi wahana dalam peningkatan ketrampilan hidup (life skill) para anggota (nasabah)nya, dan memberikan ketenangan hati bagi semua pihak, terutama anggota dan petugasnya.

Kekurangan dari buku ini adalah ketiadaan contoh-contoh praktis dalam keuangan mikro Islam yang telah dipraktekkan secara berhasil oleh lembaga-lembaga keuangan Islam di dunia, sehingga pembaca mengalami kesulitan untuk menggambarkan tentang keuangan mikro Islam dalam tataran operasional.

Pembuktian kuantitatif telah dilakukan oleh Penulis melalui penelitian yang ditulis lengkap dalam buku ini. Untuk mengetahui lebih dalam tentang isi buku ini , sebaiknya pembaca telah memahami tentang dasar-dasar keuangan. Sehingga pembaca akan lebih cepat memahami mengenai isi buku ini.

SELAMAT MEMBACA!

Comments

  1. maulana alamsyah says:

    terima kasih pak atas data-data sebagai referensi saya, semoga ini menjadi ilmu yang bermanfaat dan amal jariyah bapak…….amin

Speak Your Mind

*