Yahoo finance API is not available right now, please try again soon...

Pelatihan Tata-Kelola dan Pengendalian Internal bagi LKM



MANAJEMEN, TATA KELOLA DAN ANTI FRAUD DALAM LKM

Sebuah Overview

Oleh Ahmad Subagyo[1]

Lembaga Keuangan mikro (LKM) sebagai sebuah Lembaga keuangan yang melayani usaha mikro dan kecil yang sebahagian besar berada di daerah rural (perdesaan) dan semi-urban (pinggiran kota) memiliki posisi strategi dalam menjangkau masyarakat yang belum terlayani industry keuangan formal (unbanked). Secara keseluruhan sasaran pasar LKM memiliki potensi 50% (inklusi keuangan 48%-findech 2017) lebih dari total pupulasi Indonesia yang berjumlah 265 juta jiwa (proyeksi BPS berdasarkan suspenas,2010). Bahkan untuk memberikan akses pembiayaan (pinjaman) memiliki potensi sekitar 80% (findech,2017).

Perkembangan LKM baik dari sisi usaha maupun kinerja keuangannya sangat ditentukan oleh kegiatan manajerial LKM yang dijalankan oleh Pengurus dan Pengelola LKM serta efektivitas pengendalian internal oleh pengawasnya. Profesionalitas Pengawas-Pengurus-Pengelola menjadi tantangan tersendiri dalam membangun LKM yang SEHAT. Upaya membawa LKM ke nilai asset pada angka psikologis di atas Rp. 1M sebagai angka kritis mencapai skala ekonomis memerlukan energi dan effort yang luar biasa, baik pengawas (BOC)-pengurus (BOD) maupun pengelolanya (seluruh staf).

Proses manajemen dan penerapan prinsip-prinsip manajemen menjadi keniscayaan yang harus dipahami dan dimengerti serta dipraktekkan oleh Manajemen LKM. Proses perencananan yang meliputi penentuan visi-misi-tujuan-sasaran dan program kerja serta anggaran perusahaan menjadi titik awal dalam kegiatan manajerial, lalu dilanjutkan dengan adanya pembagian tugas pokok dan fungsi dalam struktur organisasi atau yang sering kita sebut dengan kegiatan ORGANIZING. Struktur organ yang terbentuk harus memiliki Standar Operating & Procedure (SOP) agar masing-masing bagian memiliki peran dan fungsi sesuai desain awal dalam pencapaian sasaran perusahaan. Terakhir diperlukan adanya pengendalian dan control-pengawasan, yang mana setiap pimpinan dari tingkat unit sampai perusahaan harus memastikan bahwa seluruh bagian struktur organ mampu dan mau menjalankan TUPOKSI sesuai SOP masing-masing.

Implementasi prinsip-prinsip manajemen dalam mengoperasikan LKM belum cukup tanpa adanya penerapan Tata-Kelola yang baik (GCG). Prinsip-prinsip Tatakelola Perusahaan yang baik, antara lain (1) Transparansi, (2) Accountability, (3) Responsibility, (4) Independency, dan (5) Fairness. Tujuan dari penerapan GCG, antara lain : (1) LKM bebas dari masalah hokum, (2) Dipercaya oleh stakeholder, (3) Bertumbuh usahanya, dan (4) berkesinambungan jangka Panjang.

LKM yang mampu menjalankan prinsip-prinsip manajemen yang sehat dan menerapkan prinsip-prinsip GCG dalam operasionalisasinya, maka kemungkinan terjadinya risiko FRAUD akan menjadi kecil. Fraud berupa kecurangan, penyalahgunaan wewenang, dan bahkan pada tindakan yang merugikan LKM yang dilakukan secara sengaja, misalnya pencurian oleh pengurus dan stafnya sendiri atau melakukan tindakan yang membahayakan bagi organisasinya sendiri, misalnya memberikan kredit fiktif atau menerima dana dalam jumlah besar tanpa menanyakan sumber dana tersebut berasal dari mana. Sepanjang SOP operasional dan SOP Lembaga dijalankan dengan benar, maka kemungkinan kecil FRAUD dapat terjadi  di Lembaga yang bersangkutan.

Untuk memberikan pembekalan kepada Pengawas-Pengurus dan Pengelola LKM, maka dapat diberikan silabus sebagai berikut:

  1.  KEMAMPUAN MANAJERIAL
  2. Teknik Penyusunan Rencana Bisnis bagi LKM
  3. Mendesain Manual Produk LKM
  4. Proses Pemberian Kredit yang Sehat
  5. Proses Penanganan Kredit Bermasalah
  6. PENERAPAN TATA-KELOLA YANG BAIK
  7. Teknik Pelaporan
  8. Metode pengawasan Internal
  9. Membangun Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Buku-Buku Literatur yang disarankan:

  1. Buku Pendirian Lembaga Keuangan Mikro (LKM) à Penulis : Ahmad Subagyo
  2. Buku Teknik Penyelesaian Kredit Bermasalah à Penulis : Ahmad Subagyo
  3. Buku Manajemen SImpan Pinjam à Penulis : Ahmad Subagyo
  4. Buku Pengawasan Koperasi à Penulis : Ahmad Subagyo
  5. Buku Tata Kelola Koperasi yang Baik à Penulis : Ahmad Subagyo

Pekalongan, 17 Agustus 2019.


[1] Konsultan Bank Dunia Kantor Jakarta Unit FCI

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.