Yahoo finance API is not available right now, please try again soon...

KOPERASI DI ANTARA LAYANAN KEUANGAN DIGITAL DAN LAKU PANDAI



Koperasi Simpan Pinjam (KSP) sebagai salah satu jenis koperasi termaju di Indonesia, selain jumlahnya terbanyak juga memiliki asset tertinggi dibandingkan dengan jenis koperasi yang lain. Dengan jumlah 110 ribu unit yang tersebar di seluruh negeri dan 20 juta lebih penduduk negeri ini terlayani oleh Koperasi simpan pinjam. Layanan Koperasi selain sebagai institusi keuangan memiliki tingkat inklusi yang tinggi. Kemampuan Koperasi memasuki wilayah-wilayah yang tidak terlayani oleh lembaga keuangan formal (Bank dan LKBB) menjadi salah satu unsur kekuatan tersendiri.

Namun saat ini Koperasi sedang menghadapi tantangan yang cukup berat yaitu akan menghadapi adanya layanan keuangan digital (LKD) dan Laku Pandai (Branchless Banking). Kedua produk hasil kebijakan otoritas moneter dan otoritas jasa keuangan ini akan masuk ke wilayah-wilayah yang biasanya menjadi market dari Koperasi Simpan Pinjam.
Namun, sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena Koperasi sebagai lembaga keuangan yang dimiliki oleh anggota dan melayani anggota menjadi keunggulan tersendiri yang tidak pernah dimiliki oleh lembaga keuangan lainnya.
Tulisan lengkap dapat di lihat dalam lampiran berikut ini. Dimuat dalam Majalah INFOBANK , Bulan Januari 2016.

1. Artikel Koperasi Info Bank 1
2. Artikel Koperasi Info Bank 2

pengurus Koperasi

suasana rapat

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.